Rabu, 21 Oktober 2015

TEKS IKLAN (Pengertian, Fungsi, Struktur, Ciri Kebahasaan)



TEKS IKLAN

Kalian tentu sering melihat iklan di Tv maupun di jalan-jalan kan? Tentu saja iklan-iklan itu begitu menarik bukan jika kita lihat dari kata-kataya maupun gambarnya yang kadang membuat kita penasaran. Tapi, apa kalian pernah memikirkan bagaimana iklan itu di buat? Apa ada aturan-aturan tertentu dalam membuat iklan? Nah, kalian harus paham dahulu apa sih Teks Iklan itu. Berikut adalah ulasan tentang Teks Iklan. Selamat membaca :)   
Pengertian Teks Iklan
Teks iklan merupakan suatu media yang efektif dalam mempromosikan sebuah produk ataupun jasa, karena media ini memiliki daya jangkauan yang sangat luas. Tujuan dari teks iklan ini adalah memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa, guna untuk menarik perhatian kepada masyarakat untuk mengenali, membeli hingga mengkonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan.

Fungsi Teks Iklan
·         Sebagai informasi (menyampaikan info produk baru, ciri-ciri, dan lain-lain).
·         Sebagai persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli).
·         Sebagai reminder (iklan mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu menggunakan produk tersebut).

Struktur Teks Iklan
1.      Judul, terletak di bagian paling atas dari teks iklan, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan meletakkan nama produk di bagian paling atas.
2.      Nama produk, berisi nama produk yang diiklankan.
3.      Penjelasan tentang produk, berisi deskripsi produk yang diiklankan, seperti spesifikasi, cara mendapatkan produk yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Ciri Kebahasaan Teks Iklan
§  Menggunakan Slogan
Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Dalam iklan, slogan adalah pernyataan atau susunan kata tertentu yang menjelaskan singkat suatu produk barang atau jasa layanan agak mudah dingat oleh publik. Kalimat slogan harus kreatif dan tidak ketinggal zaman agar masyarakat mudah mengingatnya.
§  Kalimat Persusif
Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan penulis terhadap suatu hal. Terdapat beberapa kalimat persuasif yang terdapat pada iklan produk tersebut, salah satunya adalah : "murah, cepat dan handal".
  • Menggunakan Subjek Orang Pertama
Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti aku, saya, dan kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan. Subjek yang digunakan pada teks iklan tersebut adalah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.


1 komentar: